Labels

Thursday, July 26, 2012

Kagerou Project Indonesian Information Database

Para anggota Mekakushi-dan.
Dari kiri ke kanan: Seto, Hibiya, Kido, Ene, Shintarou, Konoha, Momo, Mary, Kano.

Saya lagi ngiseng, mungkin ada baiknya membuat sebuah post soal apa yang sedang saya gandrungi sekarang: Kagerou Project! Iya, udah lama banget blog ini gak diisi sampe berdebu, sekalinya diisi yang beginian. Sudahlah.

Intinya, saya ingin membuat post database tentang Kagerou Project (disingkat KagePro) dalam bahasa Indonesia disini, berhubung belum ada. Saya sendiri belum baca novelnya dan baru baca spoiler, kalau ada kesalahan monggo dikoreksi. Jika ada yang terlewat, mohon lampirkan di komentar. Post ini semoga saja bisa terus saya update dengan informasi terbaru soal Kagerou Project.

Credit goes to Miss-Simplicity, Vgperson, zkmn, chromaticdiffusion and so many members of the Kagerou Project tumblr fandom. I only take credits on compiling it and translating it in Indonesian.

Post ini mengandung spoiler! Berhati-hatilah. Jika anda ingin menunggu animenya keluar atau light novelnya ditranslasi, sebaiknya anda tidak membaca post ini.

Source & References: 1 2 3 4 5 6
Tautan Keluar: KAORINusantara Kagerou Days Novel Thread dan Playlist Kagerou Project subs Bahasa Indonesia

EDIT BESAR 3: 15 Oktober 2012, menambahkan info-info terbaru dari novel keduanya dan mengupdate gambar-gambar.
EDIT sedang 4: menambahkan informasi dari Ayano no Koufuku Riron


Apa itu Kagerou Project?


Ilustrasi karakter dari novel pertamanya.

Berawal dari seri lagu Vocaloid yang dibuat oleh Jin (Shizen-no-Teki-P) yang kini telah disatukan semua karakternya dalam sebuah seri Light Novel sekaligus manga yang masih bersambung. Dunia di lagu-lagu Jin sendiri untuk singkatnya disebut 'Kagerou Project' atau lebih singkat lagi 'KagePro'. Novel pertamanya berjudul 'Kagerou Days -in a daze', novel keduanya berjudul 'Kagerou Days II -a headphone actor-', novel ketiganya berjudul 'Kagerou Days III -a children reason-', dan seri manganya berjudul 'Kagerou Days'.

Versi anime telah diumumkan bersamaan dengan rilisnya buklet single 'Children Record'. Jin berkata kalau album kedua, Mekaku City Records akan mengakhiri seri 'Kagerou Project' di buklet tersebut.

Salah satu keunikan KagePro sendiri adalah karakternya bukanlah modifikasi dari Vocaloid yang menyanyikan lagunya, melainkan karakter original yang desainnya dibuat oleh Shidu dan Wanyanppu (Wannyanpu hanya mendesain karakter Mary, namun ia membuat beberapa PV seri Kagerou Project).

Crossfade album pertama dari project ini, 'Mekaku City Days', bisa dilihat disini.


Plot

Saat post ini terakhir kali diedit, plot utama Kagerou Project belum benar-benar terbongkar. Namun, beberapa kata kunci di plot ini adalah Kenjirou yang berniat melaksanakan proyek yang dia sebut 'Kagerou Days' dengan Konoha sebagai kunci (dari novel volume kedua) dan fakta kalau Azami telah membuat sebuah 'dunia tanpa akhir' di lagu Shinigami Record. Juga, banyak karakter yang memiliki kemampuan berkaitan dengan 'mata', dimana jika aktif mata mereka jadi merah. Biasanya, waktu masih muda kemampuan ini tak mudah dikontrol.

Novel pertamanya sendiri baru perkenalan karakter, dimana mengisahkan Shintarou yang dikerjai Ene sampai nyaris merusak komputernya terpaksa pergi keluar rumah untuk membeli keyboard dan mouse baru untuk komputernya. Namun, mall tempat mereka hendak membeli keyboard baru diserang sekumpulan teroris. Sementara dari sisi lain, Momo yang melarikan diri dari fansnya bertemu dengan Kido, dan akibat mulut besarnya Kano dan tekad Momo untuk mengontrol kemampuannya, Momo jadi bergabung dengan Mekakushi-dan. Kecerobohan Mary mengakibatkan Momo harus membeli handphone baru dan Mekakushi-dan pun pergi ke mall yang sama dengan Shintarou. Di penyerangan teroris, berkat startegi Momo dan kesigapan Shintarou mereka semua berhasil selamat--- dan Shintarou maupun Ene pun resmi bergabung dengan Mekakushi-dan.

Novel keduanya nampaknya sudah mulai memasukkan plot utama. Kebanyakan mengisahkan soal Enomoto Takane yang merupakan teman sekelas Kokonose Haruka di kelas untuk murid 'special needs' karena mereka memiliki penyakit (Haruka dengan fisiknya yang lemah dan Takane yang memiliki semacam narkolepsi yang membuatnya pingsan di waktu acak), dan dengan Tateyama Kenjirou sebagai wali kelas mereka--- Takane dan Haruka pun berniat membuat sebuah game shooting bernama 'Headphone Actor' untuk festival sekolah. Meski festivalnya sukses, Haruka yang memaksakan diri pingsan dan dibawa ke rumah sakit di atas bukit. Takane yang takut dibenci Haruka karena merasakan kalau ia memaksakan Haruka pun mengurungkan diri menjenguk Haruka, namun setelah disemangati oleh Ayano temannya, Takane pun memutuskan untuk menyatakan cinta pada Haruka--- namun ia pingsan di tengah jalan karena penyakitnya. Takane nampaknya bangkit di chapter 'Headphone Actor' dan hanya ingat kalau dia perlu melarikan diri dari kiamat, untuk menemukan dirinya ingat lagi saat tiba di ujung bukit dan malah menemukan Kenjirou dan Konoha--- yang seharusnya adalah karakter game Haruka. Chapter terakhir, Tsuisou Forest di novel keduanya sendiri mengisahkan soal Mekakushi-dan di taman ria yang di-skip di novel pertamanya.

Cerita masih akan berlanjut di novel-novel berikutnya.

Karakter



Kisaragi Shintarou (如月 新太郎)
Tinggi: 172cm, Berat: 58kg, Golongan Darah: A, Ulang Tahun: 30 April
Karakter utama di lagu Toumei Answer dan Lost Time Memory, muncul di lagu Jinzou Enemy.

Shintarou adalah seorang Hikkikomori-Neet dan sudah begitu semenjak dua tahun. Penyebabnya menjadi seorang HikkiNeet adalah peristiwa bunuh diri Ayano yang dekat dengannya. Shintarou sendiri adalah seorang jenius dengan 168 IQ yang sering mendapatkan nilai seratus dalam tesnya waktu ia masih di sekolah dulu, dan di manga/novelnya, dia juga mampu memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk lolos dari teroris dengan cepat. Dia selalu mencoba membuat lagu di komputernya, namun selalu gagal maupun tidak jadi. Setahun sebelum kejadian di Kagerou Days -in a daze-, Ene masuk ke komputernya lewat email mencurigakan yang dia buka. Manga favoritnya adalah 'Kamikaze Kaitou --anne'. Dulunya, Shintarou adalah seseorang yang sangat dingin dan merasa dirinya berada di atas orang lain, namun kematian Ayano mengubahnya. Meski dia NEET, sifatnya paling normal diantara semua karakter lainnya.

Nampaknya, dia mendapatkan kemampuan mata nantinya, entah diberikan Ayano atau tidak.

Ia menjadi anggota Mekakushi-dan ke 7 semenjak ia menghentikan teroris bersama dengan anggota-anggota Mekakushi-dan.


Ene (エネ) / Enomoto Takane (榎本 貴音)
Tinggi: 640 pixel, Berat: 2MB, Golongan Darah: AB, Ulangtahun: ??? Seiyuu: Asumi Kana
Karakter utama di lagu Ene no Dennou Kikou, Headphone Actor dan Jinzou Enemy, kemungkinan besar heroine utama di seri Light Novelnya.

Ene adalah gadis software (atau malah virus) yang ter-install di komputer Shintarou dari sebuah e-mail misterius tanpa nama pengirim, dan memanggil Shintarou 'Master (Goshujin)'. Ene sering sekali menjahili Shintarou dan melakukan segala jenis hal yang dia benci, mulai dari mengganti nama folder Shintarou (seperti dari lirik lagu jadi 'KAKI BABI' pakai caps, atau folder porno jadi 'Graveyard of Sexual Desires') sampai mengganti password Shintarou. Ene berkata pada Shintarou kalau ia tidak tahu menahu soal asalnya maupun apa sebenarnya dirinya (tapi berkata demikian dengan tidak serius). Ene tidak bisa dihapus dari komputer Shintarou, tapi bisa dipindahkan ke benda elektronik lain seperti handphone Shintarou. Ene memiliki kemampuan mengontrol dan menginvasi segala jenis benda elektronik dan cukup akrab dengan adiknya Shintarou, Momo. Film favoritnya adalah 'God-ther2' dan 'Tokeishikake O-nge'

Ene pada awalnya seorang manusia dengan nama 'Enomoto Takane'. Namun, ia kehilangan tubuhnya di sebuah eksperimen (lihat lagu 'Headphone Actor' / novel kedua), dan sekarang sebagai sebuah program ia memiliki kemampuan 'membuka mata' untuk hidup selamanya.

Sebagai Enomoto Takane, rambutnya berwarna hitam dan matanya berwarna coklat tua. Takane lebih serius meski sama-sama penuh energi, dan tinggal berdua dengan neneknya.  Takane memiliki penyakit yang membuatnya pingsan di waktu acak, meski bukan sesuatu yang serius namun hal itu membuatnya berada di kelas spesial dengan Haruka. Takane mencintai Haruka, namun tak sempat menyatakan cintanya. Takane adalah ranking 2 di game online bernama 'Dead Bullet' dimana nama karakternya adalah 'Ene' atau tepatnya 'Senkou no Maihime, Ene' (Dancing Princess of the Spotlight, Ene). Namun Takane dikalahkan Shintarou di festival sekolah, padahal Takane membuat janji kalau dia kalah dia akan jadi pelayan Shintarou dan memanggilnya 'Tuan'--- ini nampaknya mengapa Ene memanggil Shintarou dengan itu. Jika masih hidup biasa, Takane lebih tua dari Shintarou.

Dia adalah anggota keenam Mekakushi-dan.



Kido Tsubomi (木戸 つぼみ)
Tinggi: 168cm, Berat: 44kg, Golongan Darah: B, Ulang Tahun: 2 Januari
Ketua dari Mekakushi-dan (Anggota pertama), sebuah grup yang belum diketahui tujuannya apa, namun nampak menghimpun orang-orang berkekuatan dan sering menyusup ke banyak tempat. Pertama kali muncul di lagu 'Mekakushi Code'. Ia, Kano dan Seto berasal dari panti asuhan yang sama.

Meskipun tampak seperti seorang lelaki dan memanggil dirinya dengan sebutan 'Ore' dan orang lain dengan 'Omae', Kido adalah seorang gadis, dan dulunya dia hanyalah gadis biasa, sampai akhirnya ia mendapatkan kemampuannya dan menjadi seorang Chuunibyou (istilah untuk remaja yang sering berdelusi kalau mereka spesial dan seringnya arogan) bahkan sampai membentuk Mekakushi-dan. Memiliki kemampuan untuk membuat dirinya dan orang lain tidak terlihat ataupun tidak terdeteksi ('menyembunyikan mata'), dan sama seperti pengguna kekuatan lainnya, matanya menjadi merah saat ia menggunakannya. Kido dapat mengontrol kemampuannya dengan baik dan kemampuannya tersebut tidak membuatnya tak terlihat jika disentuh orang lain, sehingga tak berguna dalam keramaian.

Meskipun penampilannya tomboy, Kido pandai memasak, takut hantu, sering memakai hair conditioner, dan menurut Kano dia memiliki sebuah rok berenda--- menunjukkan kalau dia sebenarnya punya sisi feminim (bahkan menurut Kano, dulunya Kido menangis padanya takut menghilang karena tak bisa mengontrol kemampuannya dan memakai kata 'Watashi' untuk menyebut diri sendiri). Ia sering mendengarkan musik lewat earphonenya dan artis favoritnya adalah '-asis' 'RADIO-HEAD' dan 'Toku--Shuugo'.



Kano Shuuya (鹿野 修哉)
Tinggi: 165cm Berat: 50kg Golongan Darah: B Ulang Tahun: 10 Mei
Pemuda berambut pirang dan bermata kucing ini adalah anggota ketiga Mekakushi-dan, dan berasal dari panti asuhan yang sama dengan Kido dan Seto.

Kano adalah seorang pemuda yang hobi nyengir-nyengir dan bisa dibilang tidak pernah menganggap apapun serius. Kano yang kadang jahil, hanya bisa dihentikan oleh pukulan maupun tatapan dingin dari Kido. Nampaknya ia hobi merayu Momo dan Mary, tapi dia sendiri adalah seorang yang bisa diandalkan. Ia suka prefektur Saga.

Sama seperti Kido dia memiliki kemampuan yang membuat matanya menjadi merah saat digunakan, namun kemampuan Kano sendiri adalah 'menipu mata', dimana Kano bisa membuat orang lain melihat dirinya melakukan apa yang tidak dia lakukan (semacam ilusi). Menurut Jin, Kano adalah karakter yang sulit dimengerti, dan karena ialah ceritanya dapat berjalan, bahkan sosoknya lebih 'pemimpin' dari Kido.

Kano adalah protagonis dari lagu 'Yobanashi Deceive'.


Amamiya Hibiya (雨宮 響也)
Tinggi: 140cm, Berat: 35kg, Golongan Darah: AB, Ulang Tahun: 4 November
Karakter utama di lagu 'Kagerou Days'. Dia dan Hiyori mengunjungi kota tempat setting 'Kagerou Days' untuk mengambil les musim panas.

Meski dia cukup dewasa untuk anak seusianya, ia juga cukup nakal dan sering bertengkar dengan Momo (yang sering ia panggil 'tante'). Sayuran yang ia suka adalah labu. Meski ia populer di kelasnya, Hiyori yang dia taksir malah tidak begitu suka padanya.

Ia terlibat suatu kejadian dengan Hiyori (lihat lagu 'Kagerou Days'), dan hanya dia yang selamat--- ia juga mendapatkan kemampuan 'memfokuskan mata' semenjak kejadian tersebut. Anggota ke 8 Mekakushi-dan.


Asahina Hiyori (朝比奈 日和)
Tinggi: 138cm, Berat: 34kg, Golongan Darah: A, Ulang Tahun: 3 Maret
Anak perempuan yang muncul di lagu 'Kagerou Days'. Berusia sekitar 11 tahun, dan merupakan teman Hibiya yang mengunjungi kota tempat setting 'Kagerou Days' untuk mengambil les musim panas. Suka binatang kucing.

Di narasi novel, Hibiya mengatakan kalau dia mencintai Hiyori, namun Hiyori sendiri jatuh cinta pada Konoha yang tinggal di rumah saudara perempuannya, tempat ia tinggal di kota tersebut. Hiyori terjebak di time loop bersama Hibiya di lagu 'Kagerou Days', nasibnya di novelnya masih belum jelas.


Kozakura Mary (小桜 茉莉)
Tinggi: 154cm, Berat: seberat 130 apel, Golongan Darah: ???, Ulang Tahun: 21 Juli
Gadis yang pertama kali muncul di lagu 'Souzou Forest' atau 'Kuusou Forest'. Seorang hikkikomori tanpa stamina yang pemalu dan takut jika berada di keramaian. Ia ditemukan oleh Seto di dalam hutan--- ia tinggal sendirian di hutan karena takut membuat orang jadi batu.

Dulu ia pernah ditindas oleh anak-anak tetangga sehingga ia tak berani keluar rumah.Ceroboh, di PV Kisaragi Attention dia tersandung terus. Keturunan Medusa (1/4 medusa, 3/4 manusia biasa),  Mary sendiri hanya bisa membuat orang lain beku untuk sementara. Dia membuat bunga palsu untuk dijual, namun satu buah harganya hanya 5 yen sehingga pemasukannya tidak bisa dibilang besar. Mary nampak sangat senang dan akrab dengan Momo. Kata Jin, Mary tidak memiliki sense musik yang bagus, dan Mary sebenarnya adalah seorang Fujoshi (gadis yang menyukai yaoi/BL). Anime favoritnya adalah 'Kuro----ji' dan ia adalah anggota keempat Mekakushi-dan.


Seto Kousuke (瀬戸 孝助)
Tinggi: 178cm, Berat: 72kg, Golongan Darah: O, Ulang Tahun: 28 Maret
Anggota kedua Mekakushi-dan yang berasal dari panti asuhan yang sama dengan Kano dan Kido, tapi dia tidak muncul dari novel pertamanya. Dia muncul pertama kali di lagu 'Souzou Forest / Kuusou Forest' sebagai pemuda yang menemukan Mary dan membawanya keluar dari rumah di hutan juga memberikannya hood berwarna putih.

Kemampuannya adalah 'eye-stealing', dia bisa mencuri informasi dari orang lain hanya dengan menatap mata orang tersebut, tapi dia tidak suka kemampuan tersebut. Orang baik yang punya kebiasaan untuk berkeliaran dan bekerja sebagai seorang tukang bunga-- meski ia juga mengambil banyak pekerjaan lain seperti pengantar koran.

Punya hamster peliharaan bernama 'Hanao' dan suka gadis seperti 'Yachigusa --ru'.


Konoha (コノハ) / Kokonose Haruka (九ノ瀬 遥)
Tinggi: 182cm, Berat: 64cm, Golongan Darah: O, Ulang Tahun: 24 Desember
Pemuda dengan amnesia yang menurut Shintarou berusia sama dengannya, dia pertama kali muncul di lagu Konoha no Sekai Jijou sebagai protagonis lagu tersebut. Tinggal di rumah saudaranya Hiyori sebagai seorang anak angkat.

Tidak tahu banyak soal dunia luar, baik dan pendiam juga sering terkesan 'my pace' (atau 'bodoh'?), punya stamina yang terlalu luar biasa sampai tidak wajar. Suka dinosaurus 'tricera--ps'.

Dulunya, sebagai Kokonose Haruka, dia lebih ceria dan murah senyum meski sama saja polos dan 'my-pace'. Rambutnya hitam pendek dan memiliki tahi lalat di tempat Konoha memiliki simbol merah. Haruka merupakan teman sekelas Takane di kelas khusus karena fisiknya yang lemah dan sakit-sakitan dan mereka berdua cukup akrab sampai memanggil dengan nama depan saja. Takane mencintai Haruka, tapi entah apakah Haruka memiliki perasaan yang sama. 'Konoha' sendiri sebenarnya adalah nama karakter ciptaan Haruka di game online yang ia dan Takane mainkan.

Anggota kesembilan Mekakushi-dan.


Kisaragi Momo (如月 桃)
Tinggi: 162cm, Berat: 43kg, Golongan Darah: O, Ulang Tahun: 14 Februari
Adik dari Kisaragi Shintarou, Momo adalah seorang idola yang sering dikejar-kejar oleh fansnya sampai sampai sering telat pergi ke sekolah. Momo juga memiliki kemampuan mata, dia sendiri pertama kali menjadi idola saat SMP dan menjadi terkenal dengan cepat sejak saat itu.

Kemampuan Momo adalah 'eye captivating' yaitu menarik perhatian orang lain seperti apapun selera mereka, kebalikan dari kemampuan Kido. Kemampuan tersebut ia dapatkan di kecelakaan pantai di masa kecilnya dengan ayahnya. Karena kemampuannya ia tak punya banyak teman, tapi semenjak bertemu Mekakushi-dan ia kembali ceria. Punya selera yang unik sampai-sampai orang lain biasanya tidak setuju dengannya, meski begitu sifatnya cukup mirip dengan kakaknya.

Dia adalah protagonis di lagu 'Kisaragi Attention' dan anggota kelima Mekakushi-dan.


Kozakura Shion (子桜 紫苑)
Tinggi: 168cm, Berat: seberat 150 apel, Golongan Darah: ???, Ulang Tahun: 18 Juni
Ibu dari Mary, pertama kali muncul di 'Souzou Forest / Kuusou Forest'. Dia separuh 'Medusa' (Gorgon) dan separuh manusia, juga merupakan protagonis dari lagu 'Gunjou Rain'. Tinggal di hutan bersama Mary, tapi diserang seorang manusia-- ia memakai kemampuannya untuk menjadikan manusia tersebut batu untuk melindungi Mary. Namun, hal tersebut malah membunuh dirinya.

Orang yang paling ia suka adalah 'ibunya'.


Tateyama Ayano (楯山 文乃)
Tinggi: 155cm, Berat: 43kg, Golongan Darah: B Ulang Tahun: 22 November
Gadis yang muncul di lagu 'Toumei Answer' dan protagonis di lagu 'Ayano no Koufuku Riron'. Seorang gadis yang nampak biasa dan sering tersenyum. Shintarou nampak akrab dengannya-- atau malah Ayano yang sering mendekatinya. Ayano sendiri selalu mendapatkan nilai jelek dalam tes sementara Shintarou sendiri selalu mendapatkan nilai seratus.

Keluarga Ayano mengadopsi Kano, Kido dan Seto sewaktu mereka kecil, dan Ayano adalah sosok kakak bagi mereka. Ayano adalah pendiri sebenarnya dari Mekakushi-dan, anggota nomor nol-- meski awalnya mungkin hanya sebuah permainan kecil dengan Kano, Kido dan Seto.

Di akhir lagu Toumei Answer, Ayano bunuh diri dengan meloncat dari lantai atas dan meninggal dunia, namun lagu Ayano no Koufuku Riron mengindikasikan kalau dia 'mati' atas suatu alasan yang berkaitan dengan eksperimen Kenjirou. Kematian Ayano adalah alasan Shintarou menjadi Hikkikomori. Ayano bersahabat dengan Takane dan mereka berdua sering saling curhat.

Dia adalah anak dari Tateyama Kenjirou. Karakter favoritnya 'Kakyouin --aki'.


Tateyama Kenjirou (楯山研次朗)
Tinggi: 179 cm, Berat: 69kg, Golongan Darah: AB, Ulang Tahun: 11 September
Guru SMA, wali kelas Momo. Sering membantu Momo yang sibuk karena kerjaannya sebagai seorang idola. Kehilangan keluarganya di masa lalu, tapi selalu membantu murid-muridnya. Dulunya wali kelas Takane dan Haruka dan nampaknya meneliti suatu proyek yang ia sebut sebagai 'Kagerou Days' dengan menjadikan 'Konoha'nya Haruka sebagai kunci.

Memiliki kemampuan untuk 'clearing eyes'. Dia muncul di lagu Dead and Seek.  Stand (?) favorit adalah 'HEI--PHANT GREEN'.



Azami (薊 )
Tinggi: 140cm, Berat: 44kg, Golongan Darah: ???, Ulang Tahun: 15 Agustus
Medusa di lagu 'Shinigami Record' dan konon muncul di lagu 'Kagerou Days'. Rambutnya tumbuh sebagai ular, dan ular-ular tersebut punya kemampuan yang berbeda-beda. Ia immortal, dan ia berpendapat manusia adalah 'mahluk payah yang mudah mati', namun ia jatuh cinta pada seorang manusia. Mereka berdua membuat sebuah keluarga, namun Azami yang takut sendirian membuat 'dunia tanpa akhir' dengan kemampuan ular-ularnya agar suaminya tidak meninggal. Kata favoritnya 'xxx'

Lagu-Lagu Vocaloid (dengan link YouTube untuk beberapa lagu)

Kagerou Project diawali oleh lagu-lagu Vocaloid karya Jin yang bercerita. Ini adalah daftar lagu yang muncul di seri Kagerou Project, tidak diurutkan sesuai dengan urutan uploadnya melainkan sesuai urutan di Pixiv Dictionary.

Children Record (OP Theme) dinyanyikan oleh IA

Merupakan main theme / OP Theme dari Kagerou Project, meskipun dijual dalam bentuk Single tanggal 15 Agustus nanti, PVnya telah diupload ke Nico-Nico Douga tanggal 21 Juli lalu. Temanya adalah 'Story of Showing Something' dan 'Story of Children that Raises Against'

Jinzou Enemy [Artificial Enemy] dinyanyikan oleh Hatsune Miku

Lagu yang pertama dibuat di Kagerou Project. Temanya adalah 'Story of Averting One's Eyes'. Liriknya sendiri menceritakan soal Ene dan Shintarou.

Mekakushi Code [Blindfold Code] dinyanyikan oleh Hatsune Miku

Lagu yang kedua dibuat di Kagerou Project. Temanya adalah 'Story of Hiding One's Eyes', dan liriknya sendiri menceritakan soal anggota-anggota Mekakushi-dan.

Kagerou Days [Heat-Haze Days] dinyanyikan oleh Hatsune Miku (Sweet&Vivid Append)

Lagu yang ketiga dibuat dalam Kagerou Project. Temanya adalah 'Story of Dazzling One's Eyes', dan mengisahkan soal Hibiya yang terjebak dalam sebuah time loop dimana temannya Hiyori selalu mati. Nampaknya berperan sebagai sentral dari kisah Kagerou Project, juga merupakan lagu terpopulernya.

Headphone Actor dinyanyikan oleh IA

Lagu demo dari vocaloid IA, membuat lagu ini jadi lagu pertama di Kagerou Project yang memakai IA sebagai penyanyinya. Temanya adalah 'Story of Doubting One's Eyes'. Mengisahkan soal Takane yang mendengar suara yang memandunya keluar dari kotanya di saat telah diumumkan kalau dunia akan berakhir.

Souzou Forest [Imagination Forest] dinyanyikan oleh IA

Versi albumnya dituliskan sebagai 'Kuusou Forest [Daydream Forest]'. Temanya adalah 'Story of Meeting Eye to Eye'. Mengisahkan soal Mary yang mengurung dirinya di gubuk dalam hutan karena takut membuat orang menjadi batu, namun kemudian Mary diajak keluar oleh Seto yang menemukannya.

Konoha no Sekai Jijou [Konoha's State of the World] dinyanyikan oleh Hatsune Miku & IA

Temanya adalah 'Story of Waking One's Eyes' dan mengisahkan soal Konoha yang berulang kali menyaksikan Hibiya dan Hiyori yang terjebak di dalam time loop. Semua karakter muncul sebagai cameo di akhirnya.

Kisaragi Attention dinyanyikan oleh IA

Temanya adalah 'Story of Stealing One's Eyes' dan mengisahkan soal Momo yang lelah dikejar-kejar perhatian sebagai seorang idol.

Gunjou Rain [Ultramarine Rain], dinyanyikan oleh IA

Temanya adalah 'Story of Even Entering One's Eyes, it Won't Hurt', atau 'Story of an Apple to the Eye', mengisahkan soal cinta kasih seorang ibu (Shion). Ekslusif, keluar bersama single Children Record.

Yobanashi Deceive [Night Talk Deceive], dinyanyikan oleh IA

Temanya adalah 'Story of Deceiving One's Eyes' atau malah 'Story of a Creepy Liar', dan mengisahkan soal Kano yang sejak 10 tahun lalu, menjadi seorang pembohong.

Lost Time Memory, dinyanyikan oleh IA

Temanya adalah 'Story of Being Etched to the Eyes', mengisahkan soal Shintarou.

Ayano no Koufuku Riron [Ayano's Theory of Happiness], dinyanyikan oleh IA

Temanya adalah 'Story that Rises to the Eyes', mengisahkan soal Ayano yang sebenarnya pendiri pertama dari Mekakushi-dan.

Toumei Answer [Transparent Answer], dinyanyikan oleh IA

Temanya adalah 'Story of Averting One's Eyes', dan mengisahkan soal pemuda jenius (Shintarou) dan gadis dengan nilai jelek yang selalu tersenyum duduk di sampingnya (Ayano). PV dan lagunya eksklusif untuk albumnya.

Ene no Dennou Kikou [Ene's Cybernetic Journey], dinyanyikan oleh IA 

Temanya adalah 'Story of Waking One's Eyes', mengisahkan soal kisah 'perjalanan' Ene dengan lirik yang cukup tidak jelas. Album-exclusive.

Shinigami Record  [Death God's Record], dinyanyikan oleh IA.

Temanya adalah 'Story of Catching One's Eyes', mengisahkan soal Azami yang bertemu seorang pemuda, jatuh cinta dan menikah dengannya. Azami tersebut lalu memiliki anak, namun sang pemuda mati, dan sang Azami berusaha mengumpulkan kekuatan ular untuk menciptakan dunia tanpa akhir agar bisa bertemu dengan sang pemuda lagi. Album-exclusive.

Dead and Seek, dinyanyikan oleh IA

Temanya adalah 'Story of Clearing One's Eyes', dan kisah di liriknya cukup vague alias tidak jelas untuk saat ini. Namun lagu itu mengisahkan soal Kenjirou. Album exclusive.

Otsukimi Recital (Moon-Viewing Recital), dinyanyikan oleh IA

Temanya adalah 'Story of Glittering Eyes', mengisahkan soal Momo. Hanya sebagian yang diupload ke Soundcloud IA Project.


Akan ada lagu dari chapter 'Yuukei Yesterday' di novelnya--- lagu ini katanya akan mengisahkan soal 'cinta' dan 'tragedi', lalu PVnya akan turut serta di album keduanya (sumber).


Itu kumpulan informasi yang bisa saya kumpulkan saat ini, jika ada update saya akan mengedit post ini dan menge-post nya di twitter atau semacamnya.

25 comments:

  1. Wahhh kereenn ^^
    Oya tau ga dimana bisa baca manganya? aku penasaran banget nih T.T

    Update terus ya kk :DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manganya baru ada scanlation bahasa China. Tunggu saja sampai Inggris nya keluar :D

      Delete
    2. http://mangafox.me/manga/kagerou_days/
      tapi baru 1 chapter sih...

      Delete
    3. Sankyuu ^^ F. 'Aya' F & rindag27

      Delete
  2. Wow... ada novel dan manganya yang diterjemahin ke Indonesia ga nyangka...

    anyway saya juga mau nambahin, kalau mungkin ada yang butuh sub Indonesianya, saya udah terjemahin beberapa lagu Kagerou Project disini : http://www.youtube.com/playlist?list=PL60C6A75A6BF88792&feature=plcp

    Thanks banget udah nulis guide ini dalam bahasa Indonesia(bener bener ngebantu), dan kalau boleh, bisa saya minta izin untuk menaruh link guide ini di video saya? agar mungkin yang nonton video saya bisa ngerti dikit tentang alur cerita Kagerou Project xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well--- ga diterjemahin ke Indonesia sih, cuma dikasih ringkasan.

      Linknya akan ditambahkan, thx~ Dan feel free aja. :D

      Glad this post helps :D

      Delete
  3. mau nanyaaa~
    dari semua Mekakushi Dan, yang normal cuma Shintaro sama Konoha?
    apa belum diketahui kemampuannya?

    (btw, makasih udah translatin ke bahasa :3)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu belum diketahui. Entah apa kedepannya mereka punya kemampuan atau tidak....

      Delete
  4. aye sebenarnya dari dulu pengen baca manga nya, tapi kelewat males, setelah lihat ulasan ini kayanya lumayan berminat, coba ah tar baca, thank you for sharing anyway <3

    ReplyDelete
  5. Kagerou Project itu masih ada hubunganya gak sama Vcaloid? ._.
    bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibilang berkaitan juga iya, tapi Vocaloid sendiri cuma medianya.

      Intinya... anggaplah Vocaloid itu seperti drum atau gitar atau instrumen musik lainnya yang membawakan lagu di seri ini.

      Delete
  6. Oyaa tanya satu lagi dong! Animenya udah ditayangin belum ya? Aku penasaraaan (┯_┯) makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum. Bahkan info lengkapnya seperti seiyuu atau sebagainya belum, lho.

      Delete
  7. Aku udah baca manganya 11 chap tp bahasa inggris, mungkin ada yg tahu baca manga indonya dimana ?

    ReplyDelete
  8. thx inpohnya.... dulu sempat gak tertarik .. tapi liat ni info, ane jadi tertarik...

    ReplyDelete
  9. makasih banget informasinya, akhirnya erti juga dulu sering lihat videonya karena lagunya bagus menurutku. katanya juga kagero days nanti ada animenya memang benar tuh?

    ReplyDelete
  10. Light novelnya dah di jual di indonesia blum ?

    ReplyDelete
  11. Maaf senpai/?, kok link-nya ga bisa di klik ya? Tapi kemaren waktu aku buka di HP sih, bisa, ada biru2nya gitu. Eh pas aku buka lagi di laptop gak ada biru2nya, walaupun udah di refresh juga. Apa laptopku aja yg error ya? ;~;

    Oh btw, ini isi artikelnya keren bgt! Ngejawab bgt rasa penasaranku yg uda lama ttg Kagerou Project! Isinya oke bgt lho pokoknya!

    Thanks for sharing yaaa ^_^

    ReplyDelete
  12. ano, saya mau tanya. Apa saya boleh buat rangkuman seperti ini juga? Tp saya ngak copas penuh, ngebandingin dr web lain gitu. Boleh?

    ReplyDelete
  13. Tonton ya Animenya di Stream Anime Favorite kalian "Mekaku City Actors" baru keluar 2 episode soalnya kekurangan Tim ....
    Thx ya Info detail Novel di atas sangat membantu Data Base Anime saya

    ReplyDelete
  14. nice post (y)
    baca manganya sudah ch. 22 tapi bingung alurnya =='

    apalagi pas momo ketemu hibiya itu sebenernya kapaan =__=

    ReplyDelete
  15. Thanks infonya ^^ jadi tau apa itu kagerou project :D

    ReplyDelete
  16. Aaah kenapa gk diterbitkan di indo sih x (

    ReplyDelete
  17. Buset, udah 9 tahun tapi saya baru tertarik :'v

    ReplyDelete

Popular Posts