Labels

Friday, January 27, 2012

Dari 100% Tsun menjadi Tsundere

Bahkan saya nggak tahu kenapa saya pasang SS Yuuko Hideyoshi as Yuuko disini.

Para penulis cerita fiksi dengan original character pasti kenal dua kata ini: character development.

Bukan cuma terjadi di kalangan penulis cerita fiksi, tapi hal tersebut juga terjadi di kalangan roleplayers dengan original character masing-masing.

Termasuk saya.



Mulai sekarang saya akan menyebut roleplay sebagai RP. Oh iya, disini banyak istilah RP yang digunakan, sebaiknya jika anda tidak mengerti RP itu apa, silahkan pencet tombol back biar tidak bingung. Forum RP di Indonesia sendiri, cukup beragam. Kebanyakan mengadaptasi sistem Timeline. Dimana forum RP tersebut akan berubah tahun selama beberapa bulan, misalnya. Saya sendiri tidak tahu jelas kapan forum dengan timeline jelas berkembang. Saya selama ini hanya bermain di forum-forum bervisualisasi anime saja soalnya--- ahem.

Dengan perkembangan waktu seperti itu, tidak mengherankan jika karakter yang tumbuh dewasa berubah sifatnya seiring waktu. Manusia asli saja begitu, apalagi karakter fiksi yang diciptakan oleh manusia.

Art by yumechikara. Levi Bennett (karakter dia) dan Athena Adaire (karakter saya) dari forum AniHogwarts :)
P.S: Meh, kalo ga suka dipost disini, bilang aja, kuganti nanti :D
Saya sudah main di forum AniHogwarts (forum RP berbasiskan Harry Potter yang bersettingkan waktu jaman Marauders baru masuk Hogwarts) dari term paling pertama, dan kini nyaris term ketujuh, dan saya rasakan bahwa nyaris semua karakter dari term pertama telah berubah. Entah ke arah baik atau buruk. Termasuk 4 karakter saya dari term pertama, Athena Adaire, Nadia Ashwood, Mirabelle Helvitore, dan Cheryl Archard. Namun, yang paling menonjol perubahannya tidak lain adalah Athena.

Athena adalah karakter bervisualisasi/face claim Yuuko dari Bakatest. Sifatnya telah berubah drastis dari term pertama. Athena di term pertama adalah gadis dingin yang dijuluki 'ratu es' yang hanya menunjukkan sisi baiknya di Hogwarts pada kedua teman baiknya, Erria dan Levi. Athena di term pertama seorang gadis yang tak kenal ampun pada orang yang dia benci, dan tidak segan-segan melempari seorang chara canon, Sirius Black, dengan garpu.

Namun, seiring waktu, saya memutuskan untuk memikirkan mempermak plotnya. Kisah bagaimana orangtuanya bisa bercerai kuperdalam dengan pengetahuan yang kudapatkan dari membaca ulang kisah Harry Potter, lalu alasannya kenapa dia menjadi dingin pada orang lain kuperdalam juga. Kutambah cerita dengan adiknya yang terpisah dari kecil. Ditambah plot dimana dia menjadi jatuh cinta pada sahabatnya Levi, membuatnya sedikit banyak bertingkah lebih lembut. Karena menurutku orang yang jatuh cinta pasti akan jadi sedikit lebih 'lembek'. Tentu, ada saatnya dimana Athena meragukan soal tingkahnya yang berubah.

Alhasil?

Athena di term keenam sekarang hanyalah seorang tsundere yang lebih sering berlaku lembut, dan hanya dingin terhadap orang yang memang baginya menyebalkan.

Athena Adaire made in (ero)chara maker.
Tentu, apa yang terjadi padanya suatu penyimpangan karakter awal. Tapi, bagiku itu adalah suatu keberhasilan. Athena yang sekarang lebih nyaman dimainkan daripada Athena yang dulu, itu satu. Yang kedua, dimana dia berubah perlahan seiring waktu, membuat dirinya lebih realistik, mungkin?

Karakterku yang lain bagaimana? Yah, saya agak terlalu fokus pada Athena, nampaknya. Tapi yang paling berubah secara natural mungkin Rose Kinoshita. Sama seperti Athena, cintalah yang mengubahnya perlahan.

Sayangnya, penyimpangan karakter hanya menyenangkan dan tidak mengecewakan saat kalian melakukannya perlahan seiring waktu.

Senjougahara is not amused that I made an unyuunyu character with her visualization.

Jika kalian baru register karakter sudah development dengan anehnya, itu sih terlalu cepat. Sayangnya, ini baru-baru kurasakan dengan karakter Agathe Thomasen dari AniDurmstrang. Tadinya, mau kubuat dia seperti Athena sifatnya dan baru berubah seiring waktu.

Tapi, Agathe malah jadi meng-unyu alias meng-imut lebih cepat dari waktunya. Begitu juga dengan karakterku yang lain di forum yang sama, Alexandra Zilliacus. Dia juga jadi imut-imut dan polos, beda dengan dimana saya mendesainnya sebagai seorang tomboy yang tidak bisa diam.

...

Bukan cuma karakterku yang mengalami pergeseran sifat dan character development seiring waktu. Banyak juga yang begitu, seperti yang saya lihat di forum AniHogwarts. Tapi, sebenarnya yang seperti itu menyenangkan, kok. Jadinya lebih natural, mungkin?

Yah, hanya sebuah post random yang saya tulis dikala menanti pergi ke gath Nendonesia. Bagaimana dengan roleplayers yang lain? Pernah mengalami hal serupa? :D

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts